Bekasi TV NEWS
Bekasi 24

Kota Bekasi Sediakan 12 Dapur Umum Selama PSBB COVID-19

apur Umum di Kota Bekasi, Rabu (22/4/2020).(Dokumen Humas Pemkot Bekasi)

Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan 12 dapur umum di tiap kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

Dapur umum ini dibangun dengan tenda oranye milik BPBD Kota Bekasi sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan Rabu (15/4/2020) lalu.

Di tempat ini, ibu- ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) dan staff kecamatan memasak bersama untuk dibagikan ke warga yang terdampak Covid-19. Camat Bekasi Barat, Muhammad Bunyamin menyampaikan ada 15 hingga 20 orang yang terlibat di dapur umum.

Ada tim belanja yang harus memastikan stok bahan makanan di dapur umum tetap tersedia. Jika stok bahan makanan hampir habis, tim belanja ini lah yang harus sigap untuk belanja.

“Tim yang belanja nanti koordinasi dengan bendaharanya. Jadi dia harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk masak dengan jangka waktu seminggu,” ujar Bunyamin saat dihubungi, Rabu (22/4/2020).

Bunyamin mengatakan, tiap hari menu yang dimasak di dapur umum berbeda-beda. Namun, dia memastikan makanan yang dimasak di dapur umur bersih dan higienis.

“Jadi nanti kita ada simpan di rak untuk bahan makanan kayak sayur, daging, mie. Kita ada tempat simpan stok makanan,” ucap dia. Makanan dibuat dalam jumlah banyak. Hari pertama PSBB, kata Bunyamin, tim di dapur umum ini memasak 1.000 nasi bungkus.

Penulis : Cynthia Lova
Editor : Jessi Carina (Kompascom)