Bekasi TV NEWS
SYARIAH

Ini Tiga Golongan Orang Yang Merugi Ketika Puasa

Sejumlah pedagang menawarkan beragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Lingkungan Wanasari, Denpasar, Bali, Senin (29/5). Kawasan Kampung Muslim Denpasar tersebut menjadi pasar dadakan selama bulan Ramadan yang menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/kye/17.

Ibadah puasa dalam bulan suci Ramadhan memiliki berbagai keutamaan, Allah menjanjikan pahala yang banyak dan besar bagi mereka yang menunaikannya.

Salim bin Idrus Alatas seperti dikutip dalam halaman youtube yang diunggah pada Jumat (24/4 2020).

Menurutnya, ada orang-orang ketika berpuasa tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecual lapar dan haus saja.

Salim bin Alatas mengutip hadits

رُبَّ صَاىِٔمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ

“Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja.” (HR. Ibnu Majah no.1690 dan Syaikh Albani berkata, ”Hasan Shahih.”)

Ketiga golongan yang hanya mendapat lapar dan haus saja adalah, pertama, mereka yang berupasa tapi meninggalkan kewajiban yang lainnya, seperti contoh, berpuasa tetapi tidak menunaikan sholat lima waktu.

Golongan kedua, adalah mereka yang beribadah puasa tetapi tidak menjaga mulut dan lisannya dari berbohong, berdusta, menipu, menyebarkan kabar dusta, berghibah dan semacamnya.

Kemudian golongan ketiga adalah mereka beribada puasa tetapi berbuka dengan makanan yang diharamkan.

“Itulah kelompok orang yang merugi,” kata Salim bin Idrus Alatas.

Semoga dalam pelaksanaan puasa ini kita tidak masuk ketiga golongan tersebut. Jangan sampai puasa kita sia-sia dan tidak mencapai tujuan puasa yaitu mencapai taqwa. Amin.