Bekasi TV NEWS
Bekasi 24

Bansos Salah Sasaran, Begini Penjelasan Rahmat Effendi

Bansos Salah Sasaran, Rahmat Effendi Beri Klarifikasi. (foto:WartaKota)

Bekasi Kota- Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan bantuan sosial berupa sembako untuk 150.000 kepala keluarga (KK).

Pendistribusian bantuan sosial itu  dilakukan secara bertahap.

Namun, saat proses pendistribusian terdapat sejumlah masalah, seperti tidak tepat sasaran hingga pembagian sembako tidak merata.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, untuk menangani pendistribusian bantuan sosial itu RT/ RW harus lebih teliti lagi dalam memvalidasi data warganya.

Terutama warga yang benar-benar membutuhkan bantuan sosial tersebut saat masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bekasi,

“Jadi gini, yang salah sasaran tentunya harus dievaluasi validasinya dari RT dan RW. RT RW kan yang paling tahu kondisinya,” kata Rahmat Effendi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi,  Rabu (22/4/2020).

Jika ternyata bansos yang dikirim tidak tepat sasaran, kata dia, RT/RW bisa mengembalikan kembali ke kelurahan atau diberikan kepada warga tak mampu.

Kembalikan ke Kelurahan

“Namanya proses ini kan singkat, tentu ada salah. Ada menerima, ternyata punya kemampuan ekonomi.”

“Ya pak RT RW itu tinggal lakukan berita acara dengan lurah, ditaruh di kelurahan buat nanti disalurkan, atau bisa langsung berikan ke yang berhak,” katanya lagi.

Begitu juga persoalan warga belum terdaftar. Rahmat meminta warga aktif seperti melakukan pendaftaran baik di kelurahan maupun melalui situs online.

“Pendataan pendaftaran masih buka sampai 25 April, bahkan ada kemungkinan diperpanjang. Yang penting valid, benar, tidak salah sasaran.”

“Dan yang penting RT RW dan warganya dalam pengiriman yang terbatas ini sabar, Insya Allah kebagian,” katanya.