Bekasi TV NEWS
SYARIAH

Seluruh 48 Kelurahan Zona Merah Kota Bekasi Akan Lakukan Rapid Test

pemantauan PSBB
Sejumlah titik di Kota Bekasi Pantau Warga Test PCR (foto: Pemkot Bekasi)

Pemerintah Kota Bekasi akan lakukan rapid test serentak di 48 kelurahan zona merah kepada warganya. Sedangkan untuk delapan di kelurahan zona hijau, Walikota untuk mempertahankan tetap waspada.

Demikian Walikota Bekasi Rahmat Effendi, saat  meninjau beberapa titik lokasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II di Kota Bekasi, Selasa (5/5/2020).  Pelaksanaan Rapid Test ini dilakukan oleh oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan RSUD dr Chasbullah Abdul Majid.

“Saya ingin melihat, apakah ada warga yang nantinya dites ada yang positif atau negatif,  jika ada maka akan langsung diarahkan ke RSUD ataupun isolasi mandiri,” ungkap Effendi.

“Semoga saja tidak diketemukan yang positif,” harapnya.

Ia menjelaskan, untuk  hasil PCR akan langsung dikirim ke Labkesda dan di RSUD Kota Bekasi, besok baru hasil tes nya.

“Tiga hari ini Kota Bekasi tidak ada peningkatan positif maupun PDP dan ODP,” jelas Rahmat Effendi.

Menurutnya, pada saat di tiap titik PSBB juga dilakukan imbauan pencegahan Covid 19 ini yang musuhnya tidak terlihat. Ia yakin Pemerintah Kota Bekasi berhasil menghadapi wabah ini.

“Ia yakin warganya akan aktif ikut bekerjasama dengan tidak keluar rumah, menjaga jarak (Psyhcal Standing), memakai masker, dan terpenting harus menjaga imun agar tidak turun,” jelas Effendi.

Pemeriksaan Perbatasan Kota

Walikota Bekasi lakukan peninjauan di titik perbatasan kota selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19 Kota Bekasi, bersama Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Wijanarko dan  Dandim 0507 Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama. Dia juga didampingi Asisten Pemerintahan Hudi Wijayanto, Kepala Satpol PP Abi Hurairah, dan Kepala Kesbangpol Cecep Suherlan.

Penjinjauan ke lokasi di Stasiun Utama Bekasi, perbatasan Sasak Jarang – Bulak Kapal, perbatasan Sumber Arta, perbatasan Molek Jatiwaringin, perbatasan Lubang Buaya – Pondok Gede.

Selain itu juga perbatasan Teh Botol Sosro Harapan Indah dan perbatasan Pangkalan 6 Bantar Gebang. Lokasi PSBB di perbatasan Tongyang Harapan Indah, menyediakan alat Rapid Test bukan PCR test.

Menurut Rahmat Effendi, para petugas kesehatan yang akan melakukan PCR test. Apabila nantinya  beralamat di luar Kota Bekasi terdapat positif akan diberitahukan ke Gubernur Jakarta yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Serta juga kepada Bupati Bekasi ataupun Bupati Bogor, dan apabila negatif nantinya akan diberikan surat pemberitahuan.

Pemeriksaan PCR test di lokasi PSBB pada hari ini menggunaan sekitar 900 alat, dan akan keluar hasilnya pada esok hari.

[]

RON.