Bekasi TV NEWS
SYARIAH

Sudah 56 Tahun Lalu Virus Corona Pertama Kali Ditemukan

June Almeida
June Almeida di depan mikroskop elektron pada tahun 1964.

Untuk pertama kalinya manusia melihat bentuk virus corona sekitar 56 tahu lalu, tepatnya pada tahun 1964 melalui mikroskop elektron.

Seorang penulis medis George Winter telah berbicara dalam program acara  Drivetime di Radio BBC Skotlandia. Winter mengisahkan tentang awal pertama kali temuan virus ini oleh June Almeida.

Menurut Winter,  awalnya sampel virus ini diambil oleh dr. David Tyrrell yang mengepalai penelitian di Common Cold Unit di Salisbury, Wiltshire. Sampel virus diambil dari sukarelawan sebagai bagian dari penelitiannya tentang flu biasa.

Satu sampel khusus – dikenal sebagai B814 – diambil pada tahun 1960 dari pencucian hidung murid sekolah asrama dari Surrey Inggris. Tim dr. Tyrrel menemukan bahwa adanya gejala flu biasa bisa ditularkan ke sukarelawan mereka.

Tim tersebut juga ternyata menemukan bahwa mereka dapat menumbuhkan beberapa virus yang berhubungan dengan flu biasa, tetapi tidak semua.

Kemudian dr. Tyrrell meminta June Almeida untuk memeriksanya sampel virus B814 ini melalui mikroskop elektron. Saat itu June bekerja sebagai teknisi mikroskop elektron di Toronto Cancer Institute, Toronto, Kanada.

“Kami tidak terlalu berharap tetapi merasa itu patut dicoba,” tulis Tyrrell dalam bukunya Cold Wars: The Fight Against the Common Cold.

Baca Selanjutnya…