Bekasi TV NEWS
FTV

Hikmah Isra Miraj Rasulullah

Hikmah Isra Miraj Rasulullah

Peristiwa Isra’ Mi’raj, 27 Rajab. Isra’ adalah diperjalankannya Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari. Mi’raj adalah diangkatnya beliau ke langit. Salah satu hadits yang membicarakan Isra’ Mi’raj adalah hadits berikut ini.

Sa’id bin Al Musayyib, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika aku diisra’kan (diperjalankan), aku bertemu Musa ‘alaihis salam.”

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mensifatinya dengan mengatakan bahwa ia adalah pria yang tidak gemuk yang berambut antara lurus dan keriting serta terlihat begitu gagah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu ‘Isa.”

Lalu beliau mensifati ‘Isa Alaihiwassalam. Iia adalah pria yang tidak terlalu tinggi, tidak terlalu pendek dan kulitnya kemerahan seakan baru keluar dari kamar mandi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu Ibrahim –shalawatullah ‘alaih– dan aku adalah keturunan Ibrahim yang paling mirip dengannya.

Aku pun datang dengan membawa dua wadah. Salah satunya berisi susu dan yang lainnya khomr (arak). Lantas ada yang mengatakan padaku, “Ambillah mana yang engkau suka.”

”Aku pun memilih susu, lalu aku meminumnya.” Ia pun berkata, “Engkau benar-benar berada dalam fithrah. Seandainya yang kau ambil adalah khomr, tentu umatmu pun akan ikut sesat.” (HR. Muslim no. 168).

Hadits-hadits yang membicarakan peristiwa Isra’ Mi’raj sudah dikumpulkan dalam satu buku dengan judul Al Isra’ wal Mi’raj oleh Syaikh Al Albani rahimahullah. (terbitan Al Maktabah Al Islamiyah, cetakan kelima, tahun 1421 H).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

  1. Hadits di atas menjelaskan pertemuan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Musa’. ‘Isa dan Ibrahim ketika peristiwa Isra’.
  2. Ciri-ciri ketiga Nabi tersebut telah dijelaskan dalam hadits di atas.
  3. Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam paling mirip dengan Nabi Ibrahim dibanding keturunan beliau lainnya.
  4. Susu lebih nikmat dari khomr (arak).
  5. Bahayanya meminum khomr, yaitu bisa membuat sesat.
  6. Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah peristiwa besar di mana ketika itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam– bertemu para nabi lainnya.