Bekasi TV NEWS
Bekasi 24

Massa Pendukung Habib Bahar Datangi LP Gunung Sindur Beri Dukungan

Pengacara Habib Bahar
Pengacara jelaskan kepada massa pendukung Habib Bahar (Istmewa)

Bogor – Ratusan santri dan pendukung Habib Bahar bin Smith mendatangi Lapas Gunungsindur, Bogor, Selasa (18/5/2020). Ratusan santri yang terus berdatangan sejak siang hingga menjelang malam itu, untuk memberi dukungan. Kemudian dini hari malam harinya kembali ditangkap  setelah diberikan asimilasi oleh Kemenkum HAM.

Melansir berita dari detikcom, pantauan di lokasi pukul 17:00 Wib, massa yang rata-rata merupakan santri Habib Bahar ini berkumpul di depan pintu masuk Lapas Kelas IA Gunungsindur.  Para pendukung posisi duduk, massa secara bersama-sama terus melantunkan salawat dan sesekali diiringi dengan kalimat takbir.

Hingga pukul 18:30 Wib, massa masih berkumpul di depan gerbang lapas. Mereka menunggu izin dari pihak lapas, agar keluarga dan pengacara diizinkan masuk untuk bertemu Habib Bahar bin Smith.

Habib Agil, selaku perwakilan keluarga  mengatakan, massa yang datang untuk memberi dukungan.

“Bentuk dukungan kami ataupun kecintaan kami kepada HBS atau Habib Bahar Bin Smith, maka kami datang ke Lapas Gunungsindur, untuk mensupport, memberi dukungan untuk HBS dan juga keluarganya, seperti itu,” kata Habib Agil saat ditemui detikcom di Lapas Gunungsindur, Selasa (18/5/2020).

“Kami semua taat aturan institusi ini, kami menjaga kondusifitas, dan kebersamaan. Kami diamanatkan oleh guru kami,  untuk menjaga kebersamaan, menjaga daripada keamanan, dan juga kondusifutas. Jadi keberadaan kami di sini merupakan bentuk dukungan support untuk keluarga,” sambungnya.

“Kalau untuk santri tidak mungkin, kami sangat taat dengan hukum, aturan pemerintah ataupun aturan institusi Lapas Gunungsindur. Intinya, yang ingin bertemu itu pihak pengacara atau keluarga. Hanya ingin memastikan Habib sehat-sehat saja,” imbuhnya.

Pengacara Temui Habib Bahar di Dalam Rutan

Pada malam harinya, barulah kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, Ustadz Ichwan Tuankotta, pada  Selasa (19/5/2020) akhirnya bisa menemui Habib Bahar.

Dalam video yang beredar dan diterima redaksi bekasitv, Ichwan mengungkapkan pertemuannya dengan HBS di dalam rutan. Ichwan menyampaikan pesan, bahwa HBS secara tegas sedari awal sudah menolak ‘program asimilasi’.  “Kali ini terbukti beliau ditangkap dan dipenjarakan lagi,” kata Ichwan.

“Beliau mengungkapkan bahwa ia seperti dijebak dengan menerima program asimilasi ini,” ungkap Ichawan.

Ichwan juga mengucapkan terima kasih kepada ratusan umat Islam yang hadir di Lapas Gunung Sindur untuk memberikan dukungan kepada HBS.

Sebelumnya HBS sudah bebas usai menjalani hukuman di kasus penganiayaan terhadap dua orang Habib palsu. Diduga dua habib palsu itu telah mencatut nama Habib Bahar untuk melakukan penipuan.

Namun dini hari tadi, sekitar pukul 02.00,  kembali di tangkap. Saat ini menurut Ichwan, Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Editor: Albayan