Bekasi TV NEWS
SYARIAH

Renungan Idul Fitri: Saling Memaafkan

Merayakan idul fitri di tengah wabah corona, dibuat asyik-asyik aja ketimbang meratapi kondisi yang tak tau kapan kesudahannya. Memaafkan, sementara sudah menjadi tradisi bangsa ini, tak lengkap rasanya jika tak sungkeman kepada pasangan atau kepada orang tua.

Anak meminta maaf kepada orang tua, dan orang tua memaafkan kepada anaknya. Orang yang lebih muda meminta maaf kepada yang tua, dan yang tua memaafkan yang muda.

Lantas, dalam malapetaka wabah corona ini, justru banyak terjadi kekacauan dalam rumah tangga. Banyak suami yang harus menerima nasib terkena pemutusan kerja. Juga tidak sedikit yang juga tak punya penghasilan apa-apa karena pendapatan harian terhenti, akibat malapetaka corona.

Jutaan para ini, istri pun kelimpungan dengan tidak adanya penghasilan dari suami. Marah atau kesalnya para istri menjadi banyak terjadi, tapi ada juga banyak para istri yang ikhlas menerima kondisi.

Momentum idul fitri bisa menjadi awal pembuka bagi para istri untuk meminta maaf kepada suaminya. Namun meminta maaf kepada suami tidak harus pada hari tertentu saja seperti hari lebaran Idul Fitri, Idul Adha dan lain-lain. Para istri bisa melakukannya kapan saja ketika istri merasa berbuat salah terhadap suaminya.

Meminta maaf kepada suami tidak harus pada hari tertentu saja seperti hari lebaran Idul Fitri, Idul Adha dan lain-lain. Saling memaafkan bisa dilakukan kapan saja ketika istri merasa berbuat salah terhadap suaminya.

Sabar dan Memaafkan

Islam senantiasa mengajarkan agar kita mudah dalam meminta maaf dan mudah dalam memberi maaf kepada orang lain. Sebagaimana firman Allah.

“Dan orang yang berhati sabar dan suka memaafkan, sesungguhnya hal yang demikian itu adalah termasuk pekerjaan yang dilakukan dengan keteguhan hati.” (QS. As Syura: 43).

Kendati demikian, momentum di pagi hari, di hari pertama di bulan Syawal, istri dituntut untuk memohon maaf kepada suami.

Tapi yang terjadi banyak di kalangan para istri merasa segan/gengsi untuk meminta maaf kepada suami. Inilah salah satu penyakit wanita hari ini. Banyak karena imbas kebebasan, untuk meminta maaf kepada suami adalah aib, tetapi meminta nafkah kepada suami adalah wajib! Kenapa harus malu untuk melakukan kerja yang mulia? Malu itu ada baik dan buruknya.