Bekasi TV NEWS
FTV

Robot Spot Siap Gantikan Tenaga Manusia, Begini Penampakkannya

Robot Spot

Spot, robot berkaki empat dikembangkan oleh Boston Dynamics, kini memiliki pekerjaan baru: menggiring domba. Perusahaan robotika mengumumkan kemitraan dengan Rocos, sebuah perusahaan Selandia Baru yang berfokus pada perangkat lunak operasi robot.

Rocos mengatakan bahwa perangkat lunaknya akan membuat Spot lebih berguna pada misi jarak jauh, dan membuat data yang dikumpulkan oleh Spot lebih bermanfaat dan dapat diakses untuk tim jarak jauh.

Spot dikembangkan oleh Boston Boston Dynamics, sebuah  perusahaan teknologi yang yang berbasis di Boston Amerika Serikat. Gerakan-gerakan spot ini dibuat menyerupai manusia dan hewan. Uji coba perangkat lunak Rocos, telah memetakan lembah-lembah di Selendia Baru yang sebelumnya belum pernah dipetakan.

Spot, sebuah jenis robot yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI), telah dikembangkan untuk berbagai jenis keperluan di dunia. Seperti di Singapura, Spot dikustom seperti anjing yang berpatroli di taman-taman umum. Spot jeni ini mengingatkan kepada orang untuk menjaga jarak selama mewabanya covid-19. Selain itu juga mengirimkan pesan informasi jumlah orang yang berada di sekitar area.

Di rumah sakit Boston, robot Spot yang dilengkapi dengan iPad dan radio dua arah digunakan oleh staf medis untuk mengevaluasi kemungkinan pasien COVID-19. Mereka bahkan telah digunakan oleh Kepolisian Negara Bagian Massachusetts.

Robot

Spot dapat dikustom sesuai pekerjaan dan medan area tempat kerjanya.Rocos memperkirakan bahwa alat-alat ini bisa berguna dalam pertanian, membuat produksi makanan lebih efisien, menghasilkan perkiraan yang lebih akurat. Selain itu  mampu mengatasi dan mengurangi jumlah tenaga pekerja.

Dalam video yang diunggah di youtube, spot bahkan dikustom sebagai peternak domba di lembah-lembah.