Bekasi TV NEWS
Bekasi 24

Rahmat Effendi Klaim Kota Bekasi Sebagai Percontohan New Normal

percontohan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Klaim Kota Bekasi Sebagai Percontohan New Normal | TRIBUNJAKARTA.COM/YYusuf Bachtiar

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengklaim, daerahnya merupakan percontohan penerapan new normal yang belakangan dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulilah, Bekasi jadi sebuah percontohan  kabupaten kota lainnya dan kita memang harus bangkit, harus beradaptasi dengan pandemi Covid yang ada,” kata Rahmat, Selasa (26/5/2020).

Dia menjelaskan, alasan Presiden Jokowi mendatangi Kota Bekasi kemarin merupakan langkah awal menuju tananan kehidupan baru atau disebut new normal.

Kota Bekasi, kata Rahmat, akan memulai agar selanjutnya dapat diikuti daerah lain untuk melakukan hal serupa.

Dipilihnya Kota Bekasi menurut Rahmat, penyebaran virus corona di kotanya saat ini masuk ke tahap paling rendah yaitu, tingkat reproduksi penularan virus diangka 0,71.

“Bekasi menjadi contoh karena R (reproduksi) nya 0,71 karena dari maret kita sudah lakukan siaga darurat bencana dan tiga kali melakukan PSBB,” jelasnya.

Rahmat mengaku, langkah awal yang akan dilalukan ialah, membuka toko-toko atau tempat usaha secara bertahap agar roda perekonomian berjalan.

Menurut dia, kebijakan new normal ini diterjemahkan menjadi tatanan kehidupan baru masyarakat produktif melawan Covid-19.

Meski begitu, dia tidak ingin terburu-buru membuka operasional mal secara penuh.

Kebijakan membuka mal baru akan keluar setelah PSBB di DKI Jakarta usai dan di ibu kota  telah melakukan hal serupa.

“Malnya bisa bertahan (tidak beroparasi), setelah (PSBB) DKI baru buka, Kami khawatir kalau kami buka (mal duluan), (warga) DKI malah ke kita,” tegas dia.

Presiden Jokowi kemarin mengunjungi Summarecon Mal Bekasi (SMB) di Jalan Bulevar Ahmad Yani, Bekasi Utara, Selasa, (26/5/2020).

Kunjungan Jokowi di SMB untuk memastikan kesiapan pelaksanaan “New Normal” dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sumber: TribunJakarta