Bekasi TV NEWS
FTV POP

FTV POP Without You Aku Mah Apa Atuh

Banyak film layar lebar setelah melewati masa tayang sekitar tiga sampai 4 bulan, kemudian stasiun televisi menayangkannya. Kategori dalam penayangan setelah penayangan di stasiun telivisi menjadi sebagai Film Televisi, kendati dengan format dan tema yang sama sekali berbeda dengan film layar lebar.

Beragam format tema cerita film televisi yang diproduksi untuk stasiun televisi yang dibuat oleh rumah produksi. Biasanya berdurasi 120 menit sampai 180 menit. Kendati tema yang diangkat namun yang lebih populer seperti tema remaja, tragedi kehidupan, cinta dan agama.

Genre FTV yang disukai pemirsa adalah  yang bertema percintaan remaja dan bertemakan religius. temanya pun lebih sempit dibanding film layar lebar.

Proses produksi film televisi lebih singkat daripada film layar lebar. Implikasinya pada biaya produksi film televisi yang lebih kecil daripada film layar lebar.

Berdasarkan pengamatan, banyak pemirsa FTV menyatakan pernah mengalami dampak secara emosional. Pemirsa kerap terbawa suasana emosional saat mengikuti alur cerita.  Seperti timbulnya rasa marah, jengkel, kesal, sedih hingga ikut merasa senang. Pemirsa juga pernah mengalami dampak peniruan atau modeling, yaitu tertariknya pemirsa untuk mengikuti gaya idolanya. Menirukan gaya berbicara dengan bahasa gaul di lingkungan komunitasnya. Bahkan mengikuti gaya berpenampilan seperti fashion terkini.

Sebagian pemirsa juga pernah mengalami dampak perilaku, yakni adanya pengaruh dari pola kehidupan  sehari-hari yang meniru kehidupan artis terkait dalam pola pergaulan ”pacaran”.