Bekasi TV NEWS
Bekasi 24

Kebun Binatang Ragunan Penghuninya Bahagia, Sebut Anies

Kebun Raya Ragunan
Anies Baswedan sebut hewan-hewan penghuni Kebun Raya Ragunan Lebih Bahagia (Ist. Bekasitv.com)

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, membuat Kebun Binatang Ragunan lenggang tanpa pengunjung. Penutupan ini dilakukan Pemprov DKI guna mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun menceritakan pengalamannya saat meninjau wahana rekreasi keluarga yang terletak di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan sekitar 2 bulan ke belakang.

“Bulan April lalu saya mendatangi Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang itu sudah enam minggu lebih kosong, ditutup. Tidak ada manusia yang datang ke sana kecuali para pengurusnya,” ujar Anies Baswedan dalam acara Halal bi Halal virtual Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) Sabtu malam (6/6).

Anies kemudian mendapatkan informasi menarik dari dokter hewan yang merawat seluruh koleksi yang ada di Ragunan. Para hewan memperlihatkan gelagat yang berbeda dengan kebiasaannya pada saat banyak pengunjung.

“Dulu semua binatang tidak ada yang berani mendekati pagar, semua binatang selalu mendekati kandang. Bahkan unta pun tidak pernah berguling-guling di pasir, selalu menjaga jarak. Kera, binatang buas, burung, semuanya dalam kondisi stres,” ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Nah, setelah lama tak dikunjungi banyak orang, hewan-hewan ini justru memperlihatkan gelagat lebih bahagia. Tidak banyak mengalami stres.

Jadi semua binatang bahagia di sana, tidak ada yang stres. Enam bulan tidak didatangi manusia semua bahagia. Dokter-dokter yang di sana menyatakan ‘binatangnya senang sekali Pak Gubernur, tidak ada yang datang’,” tutupnya.[]

RMOL